Fakta Mengerikan Tentang Cairan Tubuh


Berbicara mengenai air putih mengingatkan akan informasi dari seorang kawan yang sayang jika  tidak saya informasikan kepada vanatic. Silakan disimak...


Ada satu pertanyaan, yaitu: "Mengapa kita harus banyak meminum air putih?" 

Sebenarnya jawabannya cukup "mengerikan" tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut: 

Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah: otak dan darah! 

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air sebanyak 95%. Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas air putih sehari. Jumlah di atas harus ditambah bagi seorang perokok.

Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Apa yg terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 Liter sehari? Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya dengan jalan "Menghisap" air dari komponen tubuh sendiri. Apakah dari otak? belum sampai segitunya (Wuih...bayangkan jika otak kering bagaimana jadinya.?), melainkan dari sumber terdekat yaitu darah.

Darah yg dihisap airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang darah encer. Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus mengeluarkan 2 juta rupiah seminggu untuk cuci darah.

Lalu  bagaimana dengan otak? nah saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak tersendat. otak tidak lagi "encer", karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan & oksigen. Semoga bermanfaat sharing kesehatan pagi ini 

*Alex Atmadikara; thanks infonya brader:)

Recommended Posts :

Article :

20 comments:

  1. waw keren gan..
    mkasih infonya.,..
    nice info...

    ReplyDelete
  2. Coba deh tanya sama dokter pribadi atau para praktisi medis. kurang lebih informasinya sama

    ReplyDelete
  3. nice artikel shOb... happy blogging ya..

    ReplyDelete
  4. Keren sob artikelnya, jadi menambah pengetahuan :)

    ReplyDelete
  5. mantapz gan...artikel manarik...ada link gan?? sekalian tukar link gan

    ReplyDelete
  6. @Ahmad yani; ada bro, script bannernya ane pasang di sidebar. kalo uda dipasang kasih tau ane ya

    ReplyDelete
  7. ya memang seperti itu, dapat terjadi dehidrasi, namun saya sarannya coba diperjelas sumber artikelnya agar postingannya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba search di google dengan kata kunci sejenis bro

      Delete
  8. kasian ginjalnya yang harus nyaring darah kental, bahaya jg buat otak itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul sist. bisa ngeganggu kinerja sistem secara keseluruhan

      Delete

 
Mobile Edition
By Blogger Touch

Categories

Supported by Blogaul
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...