Deretan Bintang Sepakbola Muslim

Selamat berjumpa lagi vanatic. Tahukah anda bahwa di jagat sepak bola internasional banyak sekali para pemain bola muslim yang tergolong taat. Siapa sajakah mereka? simak hasil penelusurannya berikut ini yang saya rangkum dari berbagai sumber.


Frederic Kanoute (Sevilla)

Menempati urutan pertama pesepakbola muslim yang taat. Menurut data dari beberapa sumber, pemain berkebangsaan Mali ini pernah diberitakan menolak sponsor dari rumah judi untuk tim Sevilla. Pernah juga membeli sebuah masjid dari ancaman segel. Menariknya lagi, konon masjid tersebut adalah satu-satunya masjid di Sevilla, Spanyol.
Kanoute's fact: 
Pernah masuk dalam skuad junior timnas Prancis, memperkuat Westham United dan Tottenham Hotspur di Inggris. Terakhir ia bermain untuk tim Sevilla dengan 135 goal. Sampai artikel ini diterbitkan, Kanoute sedang mempertimbangkan untuk berpindah ke tim lain.


Samir Nasri (Manchester City)

Bintang sepakbola keturunan Aljazair ini lahir di Kota La Gavotte Peyret, Prancis. Dia tidak malu memperlihatkan identitasnya sebagai muslim. Karena menurutnya agama lebih penting dari sepakbola terbukti dari shalat lima waktu yang tak pernah ia tinggalkan. Pemain berposisi gelandang serang ini selalu menadahkan kedua telapak tangannya seraya melafalkan Al-fatihah sebelum peluit kick-off dimulai. Bertepatan dengan Idul fitri yang baru lalu ia sempat melakukan selebrasi dengan cara memperlihatkan ucapan selamat Iedul Fitri yang ia sematkan pada kaus dalamnya. Saluuut!
Nasri's Fact:
Pernah memperkuat tim Arsenal sebelum akhirnya mencicipi gelar juara Liga Premier bersama Manchester City.


Karim Benzema (Real Madrid)

Pemain berpaspor Prancis ini lahir di Lyon, salah satu kota di negara tersebut. Seperti halnya pesepakbola muslim lainnya, pemain keturunan Aljazair ini tergolong taat. Ayahnya pernah menuturkan bahwa ketika bulan puasa ia tetap bermain bola dalam keadaan berpuasa hingga akhirnya ia pulang beberapa saat sebelum waktu berbuka. Pemain berposisi sebagai striker ini selalu mengucapkan salam kepada sesama pemain muslim dan juga menghindari alkohol.
Benzema's Fact:
Mengawali karir profesionalnya di tim Lyon sebelum akhirnya bergabung dengan tim raksasa Real Madrid.



Mohammed Sissoko (Paris Saint-Germain)

Ia adalah pemain berdarah Mali yang lahir di kota Mont-Saint-Aignan, Prancis. Sang Defender Midfield ini diberitakan menjalankan puasa sebulan penuh termasuk saat memperkuat Juventus pada musim lalu. Ketaatan Sissoko ini dibuktikan dengan adanya kabar tentang komitmennya terhadap shalat jumat. Ia selalu menyempatkan diri mendatangi masjid terdekat untuk melaksanakan kewajibannya sebagai seorang pria muslim. Baginya, menjadi muslim adalah sebuah kebanggaan, dan menjalankan shalat jum'at adalah suatu kemuliaan diantara kemuliaan lainnya.
Sissoko's Fact:
Saat ini memperkuat skuad Paris Saint-Germain besutan Carlo Ancelotti. Sebelumnya memperkuat Juventus dan sempat merumput bersama tim dari Britania Raya, Liverpool.


Mesut Ozil (Real Madrid)

Pemain kelahiran Gelserkirchen, Jerman ini tergolong jajaran legiun muslim  yang taat. Sebagaimana rekan-rekan muslim setim lainnya, ia selalu menyempatkan diri berkontemplasi beberapa saat sebelum peluit pertandingan ditiupkan. Sang Maestro lapangan tengah ini merupakan sosok yang kalem baik di dalam maupun luar lapangan hijau, hingga akhirnya terjadi insiden ketika Madrid berhadapan dengan Barcelona pada ajang super copa spanyol beberapa waktu lalu. Ozil nampak tak kuasa membendung amarahnya saat bersitegang dengan David Villa. Kala itu Ozil yang hendak melerai teman-temannya dilapangan sontak tersulut emosi ketika Villa menghardiknya dengan kata-kata yang menurut Ozil telah melecehkan agamannya. 
Ozil's Fact:
Bermain di tim Werder Bremen sebelum akhirnya merumput bersama Real Madrid


Ibrahim Affelay (Barcelona)

Selain talenta luar biasanya sebagai pemain muda El-Barca, pemuda berdarah Maroko yang kini berkewarganegaraan Belanda ini pernah didaulat sebagai "Moslem Van Het Jaar" yang artinya muslim teladan di negeri kincir angin sana. Usut punya usut ternyata julukan tersebut disematkan padanya karena keshalehannya. Hal ini merupakan sinyalemen ekspektasi padanya agar menjadi role model bagi para pemuda lainnya dan juga para pesepakbola dan warga lain pada umumnya. Prinsip hidup yang patut kita contoh darinya adalah bahwa agama adalah nomor satu dari hal lainnya.
Affelay's Fact:
Pernah bermain di PSV Eindhoven sebelum kini menjalani ketatnya La Liga bersama tim FC Barcelona.



Yaya Toure (Manchester City)

Pemain kelahiran Bouake, Pantai Gading ini adalah seorang muslim yang pandai mengaji dan rajin berpuasa. Dari hasil kerja kerasnya sebagai kekuatan tim biru langit, sering ia donasikan untuk anak-anak miskin di negerinya. dalam suatu kesempatan ia pernah menolak untuk mencicipi sampanye sebagai tradisi bagi tim juara ketika Manchester City menjadi jawara Liga Inggris yang baru lalu. "I'm not drink because I'm a Muslim, so you keep it", selorohnya sambil menyerahkan botol minuman tersebut pada Lescott, rekan satu timnya. Ternyata euforia sepakbola tidak lantas melunturkan identitasnya sebagai seorang muslim yang taat.
Toure's Fact:
Sebelum bergabung dengan Manchester City, terbilang beberapa tim elit pernah dibelanya, diantaranya Olympiacos, Monaco dan Barcelona.


(Bersambung, upcoming next: Dzeko, Shabaan, Chamakh, inler, Ben Arfa, Sagna, Keita, Diaby, dll. penasaran kan? ikuti terus updatenya hanya di blog ini. )

Recommended Posts :

Article :

2 comments:

 
Mobile Edition
By Blogger Touch

Categories

Supported by Blogaul
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...